Tingkatkan Kualitas, LSP PEP Lakukan Upgrading RCC untuk Asesor

Pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2021 lalu, Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP) mengadakan Upgrading Recognition of Current Competency (RCC) untuk Asesor yang berada di bawah naungannya. Sebanyak 21 peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Peserta Upgrading RCC ini berasal dari berbagai daerah dengan beragam latar belakang profesi, dari akademisi, praktisi penerbitan, dan peneliti.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Cordela, Senen-Jakarta Pusat. Dipandu oleh dua master asesor yang berasal dari BNSP, yaitu Suherman Ahmad dan Djajadi, kegiatan ini menjadi sarana peningkatan pemahaman substansi dan metode asesmen bagi peserta yang mengikutinya.

Dalam pelatihan tersebut, ada tiga materi dasar yang disampaikan oleh master asesor, yakni: Kebijakan BNSP, materi Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen, dan materi Kontribusi dalam Validasi Asesmen. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara interaktif dan praktik langsung. Sehingga para peserta langsung dapat menerapkannya dalam setiap kegiatan asesmen yang akan diampunya.

Maksud dan tujuan  adanya upgrading ini, tak lain adalah agar proses kegiatan asesmen penulisan dan penyuntingan buku yang dinaungi oleh LSP PEP dapat dilakukan sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan oleh BNSP. Sehingga hasil atau outputnya dapat memenuhi kebutuhan standar profesionalitas yang berlaku. []

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *