Profil Pendiri & Direktur LSP PEP

BAMBANG TRIMANSYAH atau lebih dikenal dengan nama pena Bambang Trim adalah tokoh di balik berdirinya Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro) yang menjadi cikal bakal terbentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP). Ia menamatkan pendidikan tinggi di Progra Studi D-3 Editing, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Padjadjaran, lalu menamatkan S-1 di Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Padjadjaran. Tahun 2021, Bambang Trim melanjutkan studi S-2 di Program Studi Komunikasi Korporat, Universitas Paramadina.

Kariernya bermula sebagai penulis buku dan editor buku. Ia kemudian menjadi pemimpin puncak di beberapa penerbit nasional dan berkecimpung selama lebih dari 25 tahun di bidang penerbitan. Sebagai penulis, Bambang Trim telah menghasilkan lebih dari 200 judul buku dan ratusan artikel yang terbit di berbagai media.

Pada Agustus 2016, Bambang Trim ditunjuk sebagai salah seorang Tim Pendamping Ahli penyusunan RUU Sistem Perbukuan oleh Komisi X DPR-RI. Ia juga kemudian terlibat dalam berbagai penyusunan kebijakan perbukuan di Puskurbuk, Kemendikbud RI, termasuk menjadi tim ahli penyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pelaksanaan Sistem Perbukuan. Pada tanggal 22 Desember 2016, Bambang Trim terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro).

Bambang Trim juga merupakan asesor kompetensi yang telah mendapatkan sertifikat lisensi BNSP. Ia juga aktif sebagai konsultan penulisan-penerbitan untuk berbagai lembaga/kementerian. Sebagai trainer bidang penulisan-penerbitan, ia telah melatih ribuan orang penulis dan editor di seluruh Indonesia sejak tahun 2000. Sebagai akademisi ia tercatat menjadi dosen di Program Studi Penerbitan, Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia).