LSP PEP Siap Sertifikasi Ribuan Penulis-Editor

LSP Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP) bersiap mengikuti Programย  Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) yang merupakan bantuan BNSP dalam bentuk dana hibah kepada LSP.ย  Momentum ini menjadi kesempatan bagi LSP PEP untuk melaksanakan secara lebih luas sertifikasi para penulis dan editor di seluruh Indonesia.

LSP PEP telah dirintis sejak 2017 dan telah melaksanakan pelatihan asesor kompetensi sebanyak tiga angkatan. Saat ini, LSP PEP telah menghasilkan asesor kompetensi di bidang penulisan-penerbitan sebanyak 64 orang yang berprofesi sebagai penulis, editor, dan akademisi.

Berkaitan dengan Program PSKK BNSP, LSP PEP akan turut berpartisipasi menyertifikasi para penulis dan editor dengan empat skema kompetensi (klaster) yang telah divalidasi oleh BNSP, yaitu

  1. Penulisan Buku Nonfiksi;
  2. Penyuntingan Naskah;
  3. Penyuntingan Pemerolehan; dan
  4. Penyuntingan Substantif.

Saat ini mereka yang berprofesi sebagai penulis dan editor banyak berkiprah di industri penerbitan buku, industri media massa, penerbitan perguruan tinggi, lembaga pendidikan, dan juga di lembaga-lembaga pemerintah yang menyelenggarakan kegiatan penerbitan. Sebagai besar juga merupakan pekerja lepas atau pekerja profesional yang menawarkan jasanya kepada berbagai lembaga/organisasi untuk pekerjaan penerbitan.

Industri penulisan dan penerbitan di Indonesia juga berkembang pesat. Namun, belum ada sertifikasi bagi profesi ini. Pucuk dicinta ulam tiba ketika Pemerintah mengesahkan UU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan. Profesi penulis dan editor disebut sebagai pelaku perbukuan yang perlu mendapatkan pembinaan. Penulisan dan penyuntingan juga disebutkan harus dilaksanakan sesuai dengan standar, kaidah, dan kode etik. Alhasil, sertifikasi profesi merupakan langkah yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.

LSP PEP hadir sebagai lembaga sertifikasi pertama yang mendapatkan lisensi BNSP untuk melaksanakan sertifikasi bagi penulis dan editor. Acuan sertifikasi adalah SKKK Penulis Buku Nonfiksi, SKKK Editor dan SKKNI Penerbitan Buku.

Tahun 2019 ini atas dorongan Program PSKK, LSP PEP berencana menyertifikasi 5.000 s.d. 10.000 penulis dan editor di seluruh Indonesia. Target sertifikasi adalah para penulis dan editor profesional, para dosen penulis, para dosen yang menjadi editor/penelaah, para guru penulis, dan para mahasiswa di program studi terkait (untuk mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

Melalui Program PSKK, para calon asesi akan mendapatkan subsidi biaya sertifikasi sehingga patut dimanfaatkan. Asesi yang dinyatakan kompeten (K) akan mendapatkan sertifikat berlisensi BNSP dengan logo Garuda. Sertifikat ini akan berguna kelak sebagai persyaratan penilaian buku, penilaian angka kredit (bagi ASN), proyek pengadaan buku, dan kepentingan lainnya, baik di sektor pemerintah maupun swasta.

LSP PEP sebagai LSP yang baru berdiri membuka kesempatan kerja sama penyelenggaraan uji kompetensi melalui pendiri tempat uji kompetensi (TUK) di seluruh Indonesia. Kerja sama ini dapat dilakukan antara LSP PEP dan kampus/perguruan tinggi, asosiasi profesi, komunitas, lembaga pendidikan, industri (penerbit), dan juga organisasi lainnya yang memiliki visi dan misi sejalan dengan LSP PEP.

Calon asesi (mereka yang mengajukan uji kompetensi) juga dapat mendaftar langsung di situs web lsppenuliseditor.id.

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi: WA 081386869988 (Sofa).

6 thoughts on “LSP PEP Siap Sertifikasi Ribuan Penulis-Editor”

  1. Keinginan saya menjadi seorang penulis belum terwujud hingga saat ini. Terima kasih infonya. Mohon supporter dari rekan dan saudara/i yang sudah profesional

  2. Fientje Watak

    Semoga diberi kesempatan mengikuti pelatihan dan sertifikasi penulis & editor๐Ÿ™
    Terima kasih๐Ÿ™๐Ÿค๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ’ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *