Gong Sertifikasi Penulis-Editor Tahun 2019

LSP-PEP | Tahun 2019 menjadi langkah awal bagi LSP PEP melakukan uji kompetensi (sertifikasi) secara massal bagi para penulis buku dan editor di Indonesia. Setelah melakukan rintisan standar kompetensi pada tahun 2017-2018, LSP PEP makin memantapkan diri untuk menyiapkan berbagai perangkat uji kompetensi sesuai dengan yang digariskan BNSP.

Saat ini LSP PEP telah menyediakan empat skema klaster uji kompetensi, yaitu 1) penulisan buku nonfiksi; 2) penyuntingan naskah; 3) pemerolehan naskah; 4) penyuntingan substantif. Tahun 2019 direncanakan penambahan skema klaster yaitu penulisan buku teks dan pengelolaan penerbitan buku. Pada tahun 2017-2018, LSP PEP telah meluluskan 62 orang asesor kompetensi di bidang penulisan-penerbitan yang diikuti oleh para akademisi dan praktisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Kiprah LSP PEP untuk melakukan sertifikasi profesi di bidang literasi ini menjadi yang pertama di Indonesia. Karena itu, LSP PEP berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah untuk melaksanakan uji kompetensi di berbagai daerah, terutama untuk para guru dan dosen yang notabene harus memiliki kompetensi literasi, khususnya dalam bidang penulisan dan penyuntingan.

3 thoughts on “Gong Sertifikasi Penulis-Editor Tahun 2019”

    1. Terima kasih, Bu Farida. Semoga sertifikasi menjadi jalan penghargaan terhadap profesi penulis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *